The Veranda Starkville, Jagoan Steak yang Gugur Akibat Pandemi

The Veranda Starkville, Jagoan Steak yang Gugur Akibat Pandemi

The Veranda Starkville, Jagoan Steak yang Gugur Akibat Pandemi

The Veranda Starkville, Jagoan Steak yang Gugur Akibat Pandemi – Jika Anda adalah pecinta steak dan sempat bermain ke Mississippi, Amerika Serikat, mungkin familiar dengan Restoran The Veranda di kota Starkville. Restoran indoor yang memiliki mini bar merupakan salah satu penyedia steak terbaik di kota ini.

Akan tetapi, pandemi yang terjadi sejak 2020 ternyata juga berdampak pada restoran ini. Setelah tetap bertahan selama kurang lebih satu tahun akhirnya di Desember 2021 The Veranda tutup. Tambah lagi.

Fakta Restoran Veranda

The Veranda berdiri pada tahun 2003 silam. Berdiri tahun 2003. Berlokasi di Lincoln, Starkville, USA, restoran ini memiliki penampilan bangunan satu lantai restoran indoor dan didalamnya terdapat mini bar. The Veranda sendiri dikenal dengan menu andalan makan siang dan steaknya.

Selama sepak terjangnya, Veranda berhasil mendapatkan People’s Choice Award yang diberikan oleh Berita Harian Starkville atas kualitas steak yang mereka hidangkan. Selain menu tersebut Veranda juga menawarkan seafood.

Mengenal Jenis Potongan dan Tingkat Kematangan Daging Steak

Restoran Veranda terkenal dengan steak yang dinikmati oleh pelanggannya. Namun, apakah anda mengetahui jenis-jenis daging yang biasa ditawarkan di restoran steak? Berikut merupakan panduan singkat jenis daging.

* Berdasarkan bagian
Daging steak yang biasa kita kenal terdiri dari bagian Tenderloin, Sirloin, T-Bone, dan Ribeye. Tenderloin merupakan bagian di tengah (tulang belakang, bahu, panggul) dan yang paling lunak. Bagian ini cocok untuk Anda yang tidak suka banyak serat dan lembut.

Lalu, Sirloin merupakan bagian yang biasanya ditemukan di pasar, cocok untuk penyuka daging yang kenyal dan gurih. Bagian ini dikenal sebagai has dalam dan lebih murah dibanding lainnya. Sedangkan T-Bone cocok untuk yang menyukai daging dengan banyak tulang di sekitarnya.
Terakhir, Ribeye adalah bagian yang lembut dan beraroma yang terletak di rusuk sapi. Daging ini biasanya dijual dengan atau tanpa tulang (boneless).

* Berdasarkan tingkat kematangan
Ada empat tingkat kematangan yang biasanya ditawarkan saat memesan steak. Pertama yakni kematangan rare. Daging akan dimasak selama 1-2 menit sehingga masih terasa seperti daging mentah. Orang Amerika biasanya menyukai tingkat kematangan ini.

Tingkat kematangan medium-rare biasanya dimasak selama 2-3 menit hasil akhirnya berwarna coklat muda. Rasanya juicy dan gurih. Lalu, tingkat kematangan medium dimasak sekitar 5-6 menit dan memberikan hasil tekstur daging padat.

Lalu yang biasa orang Indonesia beli yakni tingkat kematangan medium-well. Tekstur daging medium-well padat dan warna dagingnya juga cenderung tidak ada bagian yang merah muda lagi. Jenis steak ini cocok untuk penikmat steak yang garing.

The Veranda Starkville, Jagoan Steak yang Gugur Akibat Pandemi

Menu Andalan The Veranda

The Veranda memiliki sebutan “The Best Blue Plate” atau restoran terbaik dengan makanan utama dan sampingan yang disajikan secara bersamaan. Menu pada The Veranda berfokus pada makanan klasik Amerika dengan sentuhan Amerika Selatan menggunakan bahan-bahan segar pilihan.

* Menu makan siang
Ada beberapa jenis menu yang dapat dipilih untuk makan siang. Pertama yakni nibblers atau menu porsi kecil dengan harga mulai dari $7.00. Jika Anda ingin memilih seafood beberapa hidangan menawarkan sebagai toping tambahan.

Kedua yakni plates atau hidangan utama. Menu dibanderol dengan harga $10.00 hingga $14.00. Ada hidangan ayam, salmon, nasi, udang, hingga ikan lele goreng dengan berbagai isian pendamping lainnya.
Menu on bread atau sejenis sandwich juga ditawarkan oleh The Veranda. Ada pilihan dengan daging hewan yakni ayam kalkun atau babi asap atau sandwich vegetarian. Kisaran harga menu ini mulai dari $8.00 hingga $ 12.00.

Lalu ada menu cups, bowls, & lettuce atau hidangan sejenis salad. Harga salad mulai dari $8.00 dan bisa bertambah dengan masing-masing isian yang diinginkan.

* Menu makan malam
Untuk makan malam, ada banyak bagian menu baru yang dapat dipilih seperti fins, stock yards angus, noodles, feathers, dan lettuce. Jenis menu yang sama dengan siang hari adalah nibblers. Akan tetapi, ada beberapa tambahan isian yang dapat dipilih saat kunjungan malam hari.

Fins atau hidangan seafood menawarkan menu seperti udang, salmon, lobster, lele, dan ikan mahi-mahi. Cara penyajiannya pun juga beragam, ada yang dipanggang, dibungkus daging babi, bahkan ada yang berbentuk kue.

Selanjutnya menu yang ditunggu-tunggu, steak atau dikenal dengan stockyards angus. Ada berbagai daging yang ditawarkan mulai dari tenderloin, ribeye, dan daging domba panggang. Harga menu bervariasi yakni $12.00, $19.00, $23.00, dan $29.00 tergantung jenis daging yang digunakan
Menu noodles atau pasta dibandrol dengan harga $18.00 dengan isian pendamping seperti udang, daging kepiting, dan saus khas The Veranda.

Feathers atau menu unggas menawarkan daging bebek dan ayam dengan harga $13.00 hingga $25.00. Terakhir lettuce atau salad untuk malam hari yang berbeda dengan menu siang hari, akan tetapi harga yang ditawarkan juga berkisar $8.00.

Penutupan The Veranda

Verandastarkville – Seperti usaha lainnya, The Veranda merupakan restoran yang menonjolkan layanan makan di tempat dan pandemi membuat bisnis ini goyang. Setelah berusaha bertahan selama setahun akhirnya dua pemilik The Veranda memutuskan untuk menutup usaha dan menjual bangunan tersebut.
Keputusan itu diambil tanpa ragu-ragu dan kabarnya bangunan bekas The Veranda telah dibeli dan telah menjadi restoran baru dengan nama Taste.

Jika berjalan-jalan ke Starkville, Anda dapat menemukan bangunan bekas The Veranda di perempatan antara jalan Lincoln Green dan Locksley Way. Lokasinya tidak begitu jauh dari Mississippi State University dan lingkungannya asri sehingga dapat sekaligus menikmati pemandangan sekitar.

 

 

Related Post